Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail Gen 1 - ToppCar

Review all new x trail - Mempunyai mobil yang keren dan tangguh memang menjadi impian oleh semua orang. Namun sering kali kita ingin membelinya terbentur dengan biaya, Yups nissan x-trail adalah jawaban dari semua pertanyaan itu.

Nissan mengeluarkan x-trail generasi pertama dan di produksi mulai pada tahun 2001. Nissan x-trail merukapan mobil berjenis SUV kompak dan mobil ini adalah salah satu mobil SUV crossover yang pertama kali di keluarkan oleh pabrik ternama dari nissan pada waktu itu dengan para pesaingnya Suzuki Grand Vitara, Mazda tribute, dan honda CR-V.

Di indonesia sendiri nissan x-trail muncul pada bulan November pada tahu 2000 di ajang Paris motor show. Di tanah air mobil nissan xtrail generasi pertama muncul dengan 2 macam yaitu dengan kapasitas 2.0L dengan tenaga 140ps dengan rpm 4000, dan mesin 2.5L mempunyai tenaga 180 Ps dengan rpm di angka 6000. Untuk mesin berkapasitas 2.0L hanya tersedia pada tramisi yang manual sedangkan kapasitas mesin 2.5L tersedia dengan tranmisi automatic.

Review kelebihan dan kekurangan nissan x-trail generasi pertama


Eksterior nissan X-Trail generasi pertama
Tampilan dari body luar mobil ini terlihat seperti kotak. Hal ini lah yang di ucapkan oleh para konsumen nya jika pertama kali melihat mobil ini. Namun meskipun terlihat seperti kotak tampilan bentuk mobil yang dinamis dan elegan jadi terlihat mobil ini sangat gagah dan terkesan sangat kuat.

eksterior nissan xtrail gen1
tampilan eksterior dari nissan x-trail

Interior nissan X-Trail
Ngomongin soal interior mobil ini memiliki kapasitas ruang dalam yang sangat lega, ruang kabin yang sangat luas sehingga membuat nyaman waktu berada atau saat mengendarainya. xtrail generasi pertama mengusung dengan 5 seat. ruang penumpang belakang juga lumayan luas sehingga penumpang juga di manjakan dengan mobil ini. dan begasi mobil ini juga cukup luas.

interior nissan xtrail gen1
tampilan eksterior nissan x-trail

Mesin Nissan X-Trail Generasi Pertama
Ngomongin soal mesin sudah tidak usaha di ragukan lagi, nissan mengusung mesin 2.0L dengan kode QR20DE 140 PS (104 kW) I4, 2.5L dengan kode QR25DE180 PS (133 kW) I4 dan 2.0L  dengan kode SR20VET 280 hp (206 kW) I4. Dengan tranmisi 4 speed untuk automatic dan 5-6 speed untuk tranmisi manual. dan kapasitas tangki mesin untuk bbm mencapai 60 Liter.

mesin nissan xtrail gen1
tampilan mesin xtrail gen 1

Kenyamanan dan ketangguhan nissan x-trail gen 1
Nissan xtrail generasi pertama di sebut sebut genereasi mobil SUV crossover ternyaman di kelasnya pada era itu. Lebih nyaman di bandingkan para pesaing nya CRV gen 1. sayangnya nissan xtrail ini mudah limbung jika untuk bermanufer sebab model dan body mobil yang sangat tinggi.


Spesifikasi nissan x-trail generasi pertama
  • Di buat dan di luncurkan di indonesia pada tahun 2003-2008 untuk generasi pertama
  • Tata letak pada mesin depan penggerak roda belakang atau biasa di sebut 4WD
  • Transisi yang di berikan 4 speed untuk yang automatic, dan 5-6speed untuk transisi manual.
  • Panjang untuk nissan xtrail 4WD memiliki panjang 44.552mm dengan lebar original 17.653 mm, dengan tinggi 16.739 mm.
  • Berat kosong mobil ini mencapai 1.450kg.
  • Dengan kapasitas bahan bakar mencapai 60 liter.
  • Konsumsi bahan bakar 1:7-9 liter untuk dalam kota dan 1:11-12 liter untuk perjalanan jauh yaitu luar kota
Harga 
Ngomongin soal harga untuk nissan x trail bekas generasi pertama ini sangat bervariasi sobat, Pada generasi awal pembuatan tahun 2003 mobil ini di bandrol dengan harga 90 jt an tergantung kondisi barang tersebut. Sedangkan pada keluaran tahun 2006 ke atas di bandrol dengan harga di atas 100jt dengan kapasitas mesin 2.5 liter.

Kelebihan nissan xtrail gen 1
Ngomongin kekurangan dan kelebihan nissan x trail pasti ada sob, bahkan kelebihan dan kekurangan nissan x trail 2010. untuk semua mobil pasti ada kekurangan maupun kelebihanya.
  • Harga nissan x trail bekas yang di tawarkan terbilang sangat murah di bandingkan para pesaingnya yaitu Crv gen pertama dan suzuki grand vitara.
  • Legroom dan headroom yang diberikan sangat lega dan nyaman.
  • Peforma yang sangat bandel dan juga kesit.
  • Suku cadang yang di dapat sangat mudah berhubungan dealer nissan yang sampai saat ini sudah menyebar di seluruh wilayah indonesia.
  • Komponen kaki kaki terbilang sangat tangguh
  • Irit bahan bakar pada kelasnya
  • Suspensi sangat empuk
Kekurangan nissan xtrail gen 1
  • Body yang terlihat seperti kotak membuat mobil ini di lihat kurang dinamis.
  • Dan eksterior terkesan jadul.
  • Interior xtrail gen 1 ini terlihat sangat jadul dan murahan.
  • Limbung pada kecepatan tinggi di karenakan mobil ini terlalu tinggi.
  • Ac kurang dingin.

***

Nah demikian sobat toppcar ulasan tentang keunggulan dan kelemahan nissan x-trail generasi 1. semoga bisa bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan informasi sebagai referensi anda mau beli mobil baru. Nissan xtrail gen 1 ini sangat cocok sebagai mobil keluarga besar yang mampu meberikan ruang yang lega dan nyaman bila di buat perjalanan jarak jauh.